Cocoklogi vs Agama

Mungkin sebagian dari temen-temen akrab sama cocoklogi akhir-akhir ini.

 

Sesuatu yang ngejengkelin ?

Sesuatu yang ngeresahinn ?

Sesuatu yang menarik buat dilihat ?

 

Sebenernya cocoklogi itu apa sih ?

———————————————————————————————————————————-

 

Dari sepengamatan gue selama ini, cocoklogi = mengkait-kaitkan antara suatu peristiwa dengan pernyataan yang kita buat sendiri.

 

Misal :

Gue sama lo punya kecocokan gara-gara kita punya kejadian yang sama: sama-sama diputusin -> kita cocok deh

 

OKE, BUKAN ITU CONTOHNYA. *dilempar meja sama mantan masing-masing*

 

Misal (part 2) :

Si doi mengalami kecelakaan motor gara-gara potong kuku pas malem-malem -> sesuai sama pepatah kalo potong kuku malem-malem, membawa sial.

 

Kira-kira sih seperti itu.

Cocoklogi ada dalam berbagai bentuk, gak cuma mengkait-kaitkan suatu peristiwa dengan ayat-ayat Allah (yang akhir-akhir ini marak). Bisa juga dalam bentuk mitos, pamali, maupun yang lain. Karena sekarang lagi banyak bencana yang terjadi, cocoklogi yang gue amati kebanyakan berhubungan sama agama, gue bahas yang berhubungan soal agama. Karena udah mulai banyak yang membahas topik kayak gini, gue bahas dengan versi gue sendiri.

 

Yang merasa agamanya lain dengan apa yang gue bahas, semoga bisa mengikuti. 🙂

 

———————————————————————————————————————————-

 

Cocoklogi yang mengkait-kaitkan dengan agama, menariknya akhir-akhir ini adalah mengkait-kaitkan antara suatu bencana dengan ayat-ayat Allah. Misal :

gunung kelud - al quran

cocoklogi air asia

 

Dan dalam bentuk bukan peristiwa, salah satunya seperti :

cocoklogi-indonesia

cocoklogi tangan

 

Menurut gue ? Di benak gue muncul pertanyaan semacam gini.. Apa masyarakat kita yang memang jenius, atau kebanyakan nonton film ganteng-ganteng spongebob sehingga sok tau gitu ? Intinya sih ngeresahin. Gue simpulin di awal sampek tatoin di kepala (lebay banget yak), bahwa gue gak percaya sama cocoklogi.

 

Sekarang, kenapa gak boleh percaya dan melakukan cocoklogi ? Ini gue bahas secara logis aja, kalo temen-temen mo cari buktinya, bisa dicari sendiri.

 

Cocoklogi yang dibuat tergantung dari yang keimanan membuat

Gini deh, sekarang gue minta temen-temen yang lebih memahami Al-Qur’an buat ngejelasin kebenaran dari gambar-gambar di atas tadi. Kira-kira bener gak tuh apa yang dicocoklogikan sama orang yang membuatnya ?

 

Itu intermezzo di awal tadi sih (ditanggapi juga gak masalah sih).

 

Sambil (katakanlah) menunggu yang lebih memahami Al-Qur’an misalnya, kita sendiri juga belum mengetahui kebenaran cocoklogi. Ingat, karena manusia yang membuat, dan iman + pengetahuan manusia yang membuat juga berbeda, maka cocoklogi yang dihasilkan kebenarannya juga berbeda-beda.

 

Gampangannya seperti ini deh :

Orang yang iman dan pengetahuannya kuat + Menghubungkan suatu bencana dengan ayat Al-Qur’an yang dimaksud -> memang ada hubungan dan kaitannya -> cocoklogi layak dipercaya dan dijadikan untuk menguatkan iman

 

Bandingkan dengan :

Orang yang iman / pengetahuannya lemah + menghubungkan suatu bencana dengan ayat Al-Qur’an yang dimaksud -> gak ada hubungan dan kaitannya -> nyesatin

 

Emang sih, ada kemungkinan hal itu terjadi secara kebetulan dari pernyataan kedua tadi, tapi kebanyakan yang terjadi gak ada yang kebetulan. Misal, orang yang iman ato pengetahuannya lemah dalam membuat cocoklogi, terus kemudian kebetulan memang ada kaitannya, terus dipercaya. Kemungkinannya dikit banget yang kek gitu. Yang ada, malah ditanyain.

 

Jadi, intinya sih kalau lo mengikuti ato ngebuat cocoklogi yang benar atau salah, ujung-ujungnya pasti ke lo sendiri juga. Ingat, kalo lo membuat pendapat yang menyesatkan, apalagi soal agama, gak hanya urusanmu sama Allah karena nyebarin ilmu yang salah dan fitnah, tapi juga kamu diincar orang lain karena hal itu.

 

Kebanyakan cocoklogi yang terjadi berdasarkan kebetulan

Bahasannya dibanding alasan tadi beda. Jadi gini.. Kalo lo pernah denger banyak penelitian yang dikaitkan dengan keajaiban ayat-ayat Allah (katanya), sebenernya juga termasuk kebetulan. Kenapa ?

 

Gini deh, misal penelitian dari Jepang yang katanya air kalo dikasih doa, katanya bermanfaat (sepengetahuan gue, tolong dikoreksi kalo salah). Lo tentu gak tau kan gimana proses doa membuat air itu bermanfaat seperti apa ? Itu hanya suatu kebetulan (dalam bentuk keajaiban), walaupun udah berdasarkan ilmunya, bahkan sampai bikin kepala botak kayak Einstein. Hanya Allah yang tahu prosesnya gimana.

 

Hubungannya sama cocoklogi ? Peneliti aja yang pengetahuannya lebih tinggi gak tau kok gimana prosesnya, jadi cocoklogi yang dibikin sekalipun bisa salah, apalagi yang ngasal cocoklogi.

 

Hanya Allah yang tau semua kejadiannya

Dari semua yang gue bahas tadi, intinya, tetep Allah yang tau gimana hikmah atau kejadian yang sebenarnya. Jadi ada kemungkinan cocoklogi juga salah karena ternyata Allah memberikan hikmah dan alasan yang berbeda di balik suatu kejadian.

 

Kita aja gak tau apa beda pendapat dengan Allah boleh ato gak, masak berani sih gak patuh sama Allah hanya karena pendapat yang kita buat sendiri ?

 

———————————————————————————————————————————-

 

Gue (sekali lagi) cuma ngejabarin aja secara logis tentang cocoklogi yang berhubungan sama agama tadi. Karena pada akhirnya, untuk ngelawan cocoklogi yang salah (yang juga dikaitkan dengan agama), mo gak mau harus dilawan dengan dasar agama. Barangkali nantinya jadi kapasitas buat teman-teman yang lebih memahami agamanya, untuk memberikan koreksinya di luar blog ini.

 

Maaf banget karena selain bahas topik yang sangat sensitif, gue juga bisa aja memberi kesalahan ke temen-temen. Mohon dimaafkan ya.. ^w^

 

Gue harap sih sebenernya masyarakat kita menjadi cerdas dengan ada dasarnya dan ada ilmunya. Ingat, masyarakat kita sudah cukup banyak disesatin sama berbagai hal, masak kita mo nambah sesat masyarakat kita sendiri dengan cocoklogi yang kita buat ? Cocoklogi yang berhubungan sama agama lagi. Gak mo kan ?

 

Iklan

2 Comments

  1. Cocoklogi emang makin meresahkan kak, niatnya sih baik buat memperkuat iman, tapi nanti kan takutnya malah jadi menyesatkan😰
    Anyway, keren kan postingannya. Bisa juga ditambahin pembahasan soal cocoklogi yang ternyata ngawur, kan ada tuh kak hehe

    Suka

    Balas

Komentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s