Malang – Kedai Assalamu’alaikum 15/05/2015

Gue udah lama banget gak nulis review-review yang direncanain bakal ditulis sejak 1 โ€“ 2 bulan yang lalu. Termasuk review yang ini. Semuanya karena kesibukan kuliah dan lain-lain juga. Mumpung ini masih ada waktu buat nulis, gue sempetin kebut ngerjain review sebelom masuk kuliah lagi (namanya juga masuk kuliah, itu berarti waktu nulis gue jadi terbatas lagi).

 

Oke, jadi sekitar sebulan lebih lalu gue ngunjungin resto ini. Kebetulan, karena tau dari kakak gue, makanya gue ke sini. Katanya sih harganya murah banget dan itu udah dapet makanan yang rata-rata porsinya besar.

 

Gue ? Jelas tertarik dong. Porsi besar dan harga murah, gimana gak kegoda coba ?

 

Tapi.. tapi.. Emang sih yang urusannya soal barang bagus (harga murah + porsi besar tadi) ujung-ujungnya pelayanannya identik dengan jelek. Kita lihat deh gimana hasil review gue. Oh ya, ini baru part I. Buat part selanjutnya, bisa temen-temen liat nanti.


Detail :

  • Kedai Assalamualaikum

  • Jl. Tlogomas no. 10, Malang, Jawa Timur

  • Jam buka : (+-) 08.00 – 22.00 (jam 21.30 last order)

  • (0341) 467 268

 

Oke, karena ini review perdana (cieh), gue pasti awalin dulu dengan detil dan pertanyaan “Gimana cara nemuin tempat ini ?” Namanya juga review, tentunya gue otomatis juga kasih info soal tempatnya.

KLanjut, gimana cara nemuin resto ini ?

  • Kalo temen-temen tau lokasi UMM (Universitas Muhammadiyah Malang), temen-temen udah otomatis tau lokasi Assalamualaikum. Lokasinya ada di depan persis kampus itu, jadi temen-temen bisa nemuin dengan gampang.

 

Kedai Assalamualaikum

  • Buat yang dari arah batu, kira-kira bisa liat peta ini.

Kedai Assalamualaikum - Taman Sengkaling

Cukup lurus aja dari Sengkaling, setelah itu tinggal temen-temen cari UMM tadi, dan Assalamualaikum ada di depan kampus itu (di kanan jalan).

 

  • Buat yang dari arah Malang (patokannya UB), kira-kira bisa liat peta ini. Sama seperti tadi.

Kedai Assalamualaikum - UB

Peta-peta kayak di atas sebenernya belum tentu sama kayak temen-temen waktu nyampenya. Mungkin temen-temen bisa lewat jalan alternatif yang lebih cepet, ato kondisi macet. Yang jelas gambaran gue secara umum kayak gini.


Kondisi waktu itu sekitar jam 21.00. Gue disambut sama ini

IMG_0220

 

Kondisi parkir motor lumayan sepi, mungkin karena mendekati waktu tutup. Alhamdulillah karena dateng jam 21.00, resto masih buka. Kalo boleh gue saranin, kalo temen0temen lebih baik dateng sebelom jam 21.30 karena waktu-waktu tsb. udah last order (jadi otomatis resto juga udah tutup)

 

Ini penampakan depannya

IMG_0221

 

Masih buka pokoknya tadi

IMG_0223

 

Yang jelas habis itu gue digebukin disodorin menu sama waitressnya (yaiyalah, masak yaiyadong). Inisiatifnya oke kok menurut gue (walaupun gue sempet denger juga kalo pas rame, kadang kita harus minta tolong waitress buat ambilin menunya).

 

Ini menu-menunya. Sori banget gak bisa foto 1 menunya. Oh ya, nanti temen-temen dikasih kertas orderan dan diisi sendiri (ada nanti di bawah)

IMG_0227

IMG_0228

IMG_0231

IMG_0232

Oh ya, gue ingetin di awal, ini menu buat lantai 1. Resto ini punya 2 lantai, jadi ada makanan/minuman yang beda di tiap-tiap lantai. Jadi temen-temen pertimbangin makan di lantai apa buat makan apa. Di post part II nanti (tentunya temen-temen udah tau apa yang gue bahas), tentunya menunya juga beda lagi nanti.

 

Kira-kira ini yang gue pesen. Gue pesen yang simple-simple aja, sop ayam sama 2 gelas air putih biasa. Oh ya, air putih biasa gratis di sini, tapi gue saranin cukup pesen 2 aja, karena khawatirnya temen-temen dianggap maruk (tau kan maksudnya ?).

IMG_0230

Terus dalam 1 porsi, rata-rata besar buat sebagian besar menu, jadi temen-temen juga pertimbangin baik-baik apa yang mo temen-temen pesen. Daripada mubadzir, sayang kan ? ๐Ÿ˜‰

 

Beginilah suasana di resto ini…

IMG_0235

IMG_0236

Kondisinya seperti yang gue bilang di awal, sepi banget. Karena ini udah mendekati waktu tutup.

 

Gue juga lagi dalam kondisi โ€œmenuhin panggilan alamโ€, jadi gue mutusin buat ke toilet. Toiket ada di lantai bawah, jadi temen-temen bisa lurus ke arah agak ujung (kayak foto ini), terus ke bawah.

IMG_0237

IMG_0238

IMG_0239

 

Kira-kira gini kondisi toiletnya (plus Mushollanya).

IMG_0240

Toiletnya bukan dalam bentuk flush (yang tekan itu), tapi dalam bentuk duduk. Kondisinya ok.

 

Mau wudhu ? Bisa ke sini

IMG_0242

IMG_0243

(harusnya yang bener sih wudhu)

 

Dan mushollanya. Karena sandalnya terbatas di sini, jadi gue saranin temen-temen wudhu pake sandal sendiri.

IMG_0241

 

Habis dari toilet, menu yang gue pesen tadi udah di meja. Kira-kira kayak gini :

IMG_0244

IMG_0245

First impression gue :

 

  • Porsi gelasnya udah besar banget, jadi emang gue saranin pesen 2 gelas aja. Gratis juga.
  • Kondisi gue lagi gak terlalu banyak makan nasi, dan sup ayamnya udah cukup bikin kenyang kok. Walaupun bumbunya pekat, overall rasanya ok. Kalo bisa lebih alami lagi lebih baik. Ada rasa unik juga kayak keripik (itu sebenernya kentang sih).

 

Yang mau cuci tangan, bisa ke sini.

IMG_0248

 

Sabunnya gak terlalu kental, jadi kalo bisa diisi ulang dari sabunnya langsung (bukan ditambahi air) bakal lebih baik.

 

Habis dari kasir, kira-kira begini pengeluaran gue.

IMG_0250

 

Murah banget kan ? ๐Ÿ˜‰ Cuma Rp 6500,- dan airnya gratis.

 

Kondisi waktu itu udah jam 21.32, jadi restonya udah tutup (kondisi last order). Jadi ya seperti yang gue saranin di awal sih : lebih baik dateng sebelum jam 21.30.

IMG_0251

 

Kondisi di depan waktu itu. Kira-kira temen-temen bisa liat ada UMM kampus 3 yang gue bilang di awal tadi.

IMG_0253

IMG_0255

 

Dan diakhiri dengan motor gue satu-satunya.

IMG_0257

 


Kesimpulan :

Secara umum, dari porsi makanan dan minuman yang gue pesen tadi udah bikin kenyang banget, dan you got what you paid lah. Harganya murah banget dengan porsi yang menurut gue udah gede. Walaupun dari segi pelayanan dan sarana akan lebih baik kalo diperbaiki dan ditingkatkan (pelayanan di sini gak terlalu jelek ato bagus sih)

 

Itu aja review buat resto ini, ditunggu buat part selanjutnya yang di lantai II. Kritik & saran tetep ditunggu ya ๐Ÿ˜€

Komentar di sini

