Garuda Indonesia SUB – BPN 6 Juli 2015 -part 2-

Hello, welcome back 😀

Jadi, setelah kejadian gak mengenakkan di bandara di part sebelumnya, gue akhirnya boarding, so this unexpected trip (actually) will be started.

(Also, fair warning, this review contains a lot of photos, so prepare your quotas.)

Buat yang mo liat review part sebelumnya, bisa ke link ini

————————————————————————————————————————————–

Kondisinya waktu itu, nampaknya cukup tertib.

IMG_3273

 

Habis scan tiket,masuk gate, belok kiri.. Eh.. Belok kanan.. Ning nang ning nung *plak*

IMG_3274

 

I love this one. Desainnya maksudnya.

IMG_3275

 

Oke, di tengah-tengah jalan gue liat seorang ground staff Garuda menahan beberapa penumpang. Keliatannya bagasi bawaan kabinnya melebihi batas. I don’t know what happened after that, but i think this is the good thing. Good job GA 🙂

 

Berbeda dari beberapa bulan lalu, kali ini pake garbarata lagi 😀 Yay ! (Oke, lebay, San)

IMG_3276

 

Gue paling suka desain garbarata yang seperti ini (di BPN juga), walaupun untuk beberapa bandara yang strict security-nya (SIN maybe), yang seperti ini bisa jadi bumerang pada saat yang sama.

IMG_3277

 

Skyteam member and skyinterior. Yay, pesawat baru nih !

IMG_3278

 

Disambut dengan ramah oleh purser dan pramugarinya, gue memutuskan gak ambil koran, so NEXT !

 

Business class-nya. I hope I can sit in this seat sometime.

IMG_3279

 

Jadi gue duduk di sini. Economy class as usual. Di sekitar row 2 kiri di foto. Di foto ini, nampaknya pramugarinya gak terlalu banyak bicara. Standar sih sebenernya, gak pendiam-pendiam amat, cuma nampaknya semacam kelelahan. Namanya juga puasa.

IMG_3280

 

Oh, hi there my buddy !

IMG_3284

 

Huh ? IFE baru ? Nice.

IMG_3285

IMG_3286

 

Seat pitch-nya, cukup luas. Gue sekitar 172, so it’s ok.

IMG_3288

 

Oh, dia udah pushback duluan. Hi QZ. Oke, penumpang sebelah nampaknya udah duduk.

IMG_3289

 

Controller-nya. Di kiri pegangan kursi kalo mo nemuin

IMG_3291

 

New sticker. Sebelumnya pernah meraih Best Economy Class, so let’s prove it here.

IMG_3292

 

Yang mo muntah karena gue yang cakep, monggo. Tuh ada kantong doraemon udara 😀

IMG_3293

 

Kartu petunjuk keselamatannya.

IMG_3294

IMG_3295

 

Huh ? What are they doing ? Oh ya, satu hal, temen-temen pasti paham tempat yang gue maksud kenapa jangan foto-foto. Jadi kalo temen-temen liat 2 ekor pesawat itu, jangan foto di situ. If you know what i mean

IMG_3296

 

Desainnya juga udah baru.

IMG_3297

 

Okay, that’s nice so far.

IMG_3298

 

New IFE exactly. Like what they did in their 777 (Boeing 777-300ER). Omigosh, and this fuckin’ personalize menu ? Oh, so good. This is really fuckin’ nice day *lebay*

IMG_3299

IMG_3300

 

Oke, gue terlalu lebay, tapi gue bener-bener penasaran banget. Gue udah beberapa kali naik Garuda yang baru dalam beberapa tahun ini dan gue selalu dapet IFE yang lemotnya gak ketulungan itu, dan sekarang gue dapet IFE yang baru. Bahkan sebelum safety video ditayangin, IFE udah bisa dipake. Good job, GA. Oke, jadi buat yang belum tahu menu IFE baru, kira-kira garis besarnya kayak gini.

IMG_3301

 

Bagian informasi terdiri atas menu berikut

IMG_3302

 

Bagian hiburan terdiri atas beberapa menu, ini salah satu pilihannya aja. Sayang gue gak bisa foto semua.

– Pilihan filmnya

IMG_3303

 

– Pilihan musiknya

IMG_3304

 

– Pilihan permainannya

IMG_3305

 

– Mau nonton review program TV ? Bisa, pilihannya kayak gini.

IMG_3306

 

Pilihan dunia anaknya

 

IMG_3307

 

Oke, sebaru apa pun IFE-nya di sini, kontennya masih sama kayak yang gue naikin beberapa bulan lalu. Jadi mungkin lebih baik pilihan kontennya di-update lagi.

 

Cuss lanjut. Ini kalo pilihan bagian layanannya

IMG_3308

 

Gak terasa udah pushback. Bye bye SUB dengan kejadian buruk tadi

IMG_3311

 

Safety video-nya masih sama kayak biasanya, mungkin lebih baik di-update juga. Udah lama banget nampaknya

IMG_3312

 

Lanjut..

IMG_3313

 

Lewat..

IMG_3314

 

Dan..

“Terima kasih atas pilihan anda terbang bersama Garuda Indonesia”

Nice gesture so far

IMG_3315

 

Wush wush.. Waktunya aktifin sport mode

IMG_3316

 

Bye bye our rival.

IMG_3317

 

Dan..

IMG_3319

IMG_3320

IMG_3321

IMG_3322

IMG_3323

IMG_3324

 

See you next time SUB

IMG_3325

IMG_3327

 

Gak seperti IFE yang kemaren, IFE ini udah bisa dipakai langsung. Cek aja kondisinya di foto ini

IMG_3329

 

“Ting tong”

Lampu safety belt udah mati, waktunya utak utik bahan bacaannya. Tentunya terbitnya ini rata-rata tiap bulan.

– Majalah Garuda yang baru, namanya Colours. Isinya tentang berita, atau kabar soal Garuda, serta tips-tips maupun konten ringan soal travel layaknya majalah travelling pada umumnya.

IMG_3333

– Stars, isinya seputar review entertainment, termasuk juga yang berhubungan denga konten IFE-nya.

IMG_3334

– Arcade, semacam inflight shopping.

IMG_3335

 

Oke, jadi ini CEO barunya. Mudah-mudahan bisa membawa GA ke arah yang lebih baik.

IMG_3336

 

Huh ? Best cabin crew for 2nd time ? Let’s prove it here. Also, it seems about new aircraft (right ?) for many years outcome.

IMG_3337

 

Gue pengen deh bisa foto bagus kek gini

IMG_3338

 

Inflight meal-nya dibagikan, penumpang di sebelah gue nampaknya gak puasa. Btw, nampaknya desain kotaknya sama kayak taun lalu. Gue nguping dikit dari pramugarinya, katanya pilihan menunya cuma itu aja. Hmm, let’s see then after i’ve arrived at home.

IMG_3340

 

Isinya secara umum seperti ini. Udah, buka aja pas buka puasa. -,-

IMG_3341

 

Sorry for the candid, ma’am. 😀

IMG_3342

IMG_3343

Oke, kita utak utik lagi IFE-nya. Kali ini, kita liat secara detilnya buat tiap-tiap menu. Kembali ke bagian layanan, kalo klik menu F&B..

IMG_3344

 

Iya, mungkin karena ini bukan 777. Dan ini penerbangan domestik. Kalo klik menu majalah..

IMG_3345

IMG_3346

 

Oh, nice. Kalo klik menu inflight shopping..

IMG_3347

 

Nampaknya bagus. Tapi, coba lihat tahunnya, udah 2013, jadi perlu di-update lagi. Waktu enter..

IMG_3348

 

Nampaknya sistem IFE berjalan agak lama, jadi close aja. Lanjut, kalo klik menu Garuda Miles..

IMG_3349

IMG_3350

 

Oke, lanjut. Kalo klik menu survei..

IMG_3351

 

Dan petunjuk keselamatannya..

IMG_3352

 

I see..

IMG_3353

 

NEXT ! Kita sekarang menuju ke bagian informasi.. Nice presentation so far

IMG_3354

IMG_3355

 

Fitur kabinnya, sayang gue belom klik satu-satu.

IMG_3356

 

Dunia Islam ? Sepertinya buat umrah, ato mungkin bisa buat pribadi. Nice.

IMG_3357

 

Sepertinya ini tips waktu travel.

IMG_3358

 

15th Skyteam Aniversary

IMG_3359

 

Ini rute-rutenya semua, sori kalo gak terlalu bagus. Ini semua termasuk rute kerjasama (codesharing) pake pesawat lain.

IMG_3363

IMG_3360

IMG_3361

 

Kalo tadi rute internasionalnya, ini rute domestiknya.

IMG_3364

 

Repotnya duduk di window seat, apalagi dengan kondisi ada orang di sebelah adalah gue musti merepotkan orang lain buat beri jalan biar kita lewat. Bukan keluhan sih, tapi ini semacam pertimbangan temen-temen nanti semisal kalo mo pilih seat. Duduk di aisle (tengah) seat, gak enak emang, gak bisa liat pemandangan bagus banget (lebay) di kaca pesawat emang, tapi kalo mo keluar ke mana-mana jauh lebih enak. So the choice is yours.

 

Sambil gue iseng-iseng ke lavatory (toilet pesawat), gue sambil foto interior-nya.

IMG_3366

Nice interior. Tapi sayangnya di belakang banyak yang kosong. Kalo gue itung-itung, secara keseluruhan sepertinya jumlah penumpangnya sekitar 55 – 70%.

 

Narsis dikit.

IMG_3367

 

Amenities-nya, nice. Ada 3 di toilet itu, parfum, lotion sama kantong doraemon udara. Tapi ini perasaan gue aja, tapi mana sabunnya ?

IMG_3374

IMG_3375

 

Toiletnya

IMG_3376

 

Habis keluar toilet, balik lagi ke seat dan gue kepikiran buat pindah seat, soalnya gak mo repotin orang di sebelah, apalagi di sebelahnya lagi anak kecil. Jadi, gue coba headset-nya dulu. Secara umum, headset-nya sama kayak beberapa bulan lalu. So, let’s try with music. Kebetulan untuk musik manca, gue suka sama The Script, jadi gue puter salah satu lagunya.

IMG_3377

 

Oke, gue setel dengan volume maksimal. Ini perasaan gue aja ato headsetnya kualitasnya makin bagus ato sistem IFE barunya, tapi suara di headset kedengaran cukup keras di sini, bass treble-nya juga pas. Kerasnya mungkin agak sedikit mengganggu telinga, jadi gue saranin cukup kurangin 2 ato 3 bar di sini, itu udah cukup oke.

IMG_3378

 

Bapak sama anak di sebelah gue ke lavatory, gue pindah ke seat kosong di belakang, dan..

IMG_3381

Yay ! New view and seat.

 

Jadi begini kondisi salah satu row di belakang.

IMG_3379

 

Gue mo dengerin lagu lagi, buka headset lagi. Dan..

IMG_3382

Masalah kecil sih, tapi salah satu bagian headset mati dan longgar. Padahal di seat sebelumnya gak kayak gitu. So, this is room for improvement for you, GA.

 

Request kertas survei, nulis, udah selesai. Balik ke pe..

IMG_3383

 

Wah gak kerasa udah mo nyampe BPN. Dan.. Descending. IFE tiba-tiba mati, gak bisa dipake lagi, but it’s okay.

IMG_3386

 

————————————————————————————————————————————–

 

“Bapak Ibu yang terhormat, sebentar lagi kita akan mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman di Balikpapan. Waktu setempat menunjukkan pukul xx.xx, di mana terjadi perbedaan waktu lebih cepat 1 jam dari waktu Surabaya. Silahkan kembali ke kursi, memakai sabuk keselamatan, menegakkan sandaran kursi, melipat meja (…)” dan seterusnya. So, this is one of the cabin crew.

IMG_3388

IMG_3389

Di atas buat yang junior dan yang di bawah buat yang senior.

 

IMG_3391

IMG_3392

 

Bee-u-tiful.

IMG_3394

IMG_3395

 

Nampak warna warni deket jendela.

IMG_3396

 

Oke, turun.. Turun..

IMG_3397
IMG_3398

 

Dan..

IMG_3400

IMG_3402

IMG_3403

 

Huh, what is this ?

IMG_3405

 

Sambil jalan..

IMG_3406

IMG_3408

 

Dan…

IMG_3411

Oh, hi Batavia. Sayang gue belom sempat terbang bersamamu. Hiks *lebay* NEXT !

 

IMG_3412

Hanggarnya.. Dan terminal kargonya..

IMG_3413

 

Makasih buat bankaltim yang udah ngebantu buat terminal yang bagus ini.

IMG_3414

 

Sriwijaya Air “Kedamaian”

IMG_3415

 

Omigosh A332 (Airbus A330-200). Yay ! Oke, ini lebay, tapi gue akhirnya bisa liat pesawat besar di dunia nyata. Padat juga traffic-nya BPN ini.

IMG_3416

 

Di bagian kiri apron di foto sepertinya masih dalam perbaikan. Moga cepet selesai.

IMG_3417

 

“Ting tong”.. Waktu buat disembarking.

IMG_3418

 

Sriwijaya Air “Agung”

IMG_3419

 

Ini seat tadi.. Dan kebiasaan masyarakat kita yang selalu (?) gak mo ngerapiin barang.

IMG_3420

 

Gue tadi mo niat foto, tapi kayaknya gue undurin niat aja lah. Thank you for cabin crew. Otsukaresama~ Lanjut, naik ke garbarata.

IMG_3421

 

Gue bukan aviation enthusiast, tapi pesawat yang digunakan tadi registrasinya PK-GNT. Thank you PK-(gak pake) G(e)N(i)T

IMG_3423

 

Lanjut

IMG_3424

 

Yang jelas gue tetep suka sama desain dan warna kacanya tentunya

IMG_3425

 

Belok kanan, dan belok kiri

IMG_3426

 

Arrival waktu itu

IMG_3427

 

Errh, sebagai gambaran, kalo mo transfer / transit, kebetulan ada ground crew yang bertugas di situ, jadi bisa ke arah kiri. Mau ambil bagasi, belok kanan, turun lewat ekskalator ato tangga.

IMG_3428

IMG_3429

 

Sekitar 10 – 15 menit, dan bagasi gue udah bisa gue ambil. Gue lupa satu hal, gue belom sempet bungkus koper di SUB tadi. Untungnya gak ada apa-apa. Jadi..

Protip #3. Oke, cukup banyak pengutil barang, entah di maskapai apapun, jadi jangan heran temen-temen gak nemuin barang-barang yang temen bawa. Jadi gue saranin buat bungkus koper untuk mengurangi tingkat pencurian sebelum melapor bagasi ke check in setempat.

(pas waktu terbang di foto, harga bungkus koper / bagasi sekitar 50 ribu)

 

Convenyor-nya, sama kayak desain baru pada umumnya

IMG_3431

 

Pintu keluarnya. Gue suka interior-nya secara keseluruhan.

IMG_3433

 

Loncat ke waktu di rumah, jadi kita buka inflight meal-nya 😀

IMG_3633

 

Isinya pasta ikan dan jamur krim. Rasanya agak.. Tawar dan dingin ? Sebenernya ada sedikit rasa sih, tapi karena pengaruh udah lama dingin tadi, jadi rasanya gak terlalu enak. Makanan seperti ini menurut gue gak cocok buat disajikan pas puasa di pesawat, karena rasanya nampak bakal muncul kalo kondisinya masih hangat (nampaknya gue ngerasain tekstur yang kemungkinannya ada keju). Jeli Wong Coco-nya enak seperti biasanya.

 

Dan.. Review untuk Garuda Indonesia udah cukup sampe sini.

————————————————————————————————————————————–

Kesimpulannya :

Let’s start with SUB. Gue sayangnya belom coba layanan information desk-nya, jadi temen-temen mungkin bisa menambahkan. Secara umum, terminal sudah lebih rame dibanding beberapa bulan lalu. Sayang, sama seperti sebelumnya, avsec belom bisa kasih first impression yang baik ke gue, walaupun ada beberapa yang ramah dan mereka cukup ketat keamanannya. Ditambah lagi kejadian buruk tadi. Jadi gue gak bakal coba Terminal 2 dalam waktu deket sampe mereka memperbaiki pelayanannya. Tapi kalo gue saranin, Terminal 2 SUB bisa masuk daftar coba temen-temen buat berangkat.

 

Terlepas dari itu, buat Garuda Indonesia, untuk ukuran sebuah maskapai bintang 5, they’ve stepped up in the game. Mulai dari IFE baru (yang gue salut buat itu), kursi yang nyaman. Cabin crew ? Rata-rata ramah, walaupun untuk beberapa ada yang agak pasif (mungkin karena kelelahan). Ground crew-nya rata-rata ramah dan konsisten (terlihat dari masalah bagasi bawaan tadi), juga agen tiket di Malang yang ramah. Konsistensi pelayanan untuk beberapa bagian perlu ditingkatin lagi, seperti inflight meal-nya hari itu yang.. Maybe no dan headset tadi. Overall, recommended so far.

 

Kira-kira itu aja reviewnya, so next time.. We’ll take a trip into BPN, then more perfect review with new camera at Lounge , plus the last is trip to BXT (Bontang).

 

Kritik dan saran ditunggu 😉

Komentar di sini

