Malang – Dak-Galbi (part 2) 07/10/2015

October it’s coming. Gak dateng-dateng amat sih soalnya udah tanggal 7. Apapun itu, lanjut ke part 2 review restoran makanan Korea.

 

Oh ya, gue gak bakal bahas banyak soal fasilitas di resto / cafe ini, jadi buat yang belom ngikutin dari awal, bisa baca review gue di sini

Dan review gue lama banget jadinya ternyata gara-gara tel**mbitch dan goddamnit flickr. A bit pissed off though

 


 

Seperti yang udah gue janjiin dari kemaren, gue bakal review main menu di resto / cafe ini. Karena signature menu (cieee) di resto ini yaitu Dak-galbi, jadi gue bakal review salah satu menu ditambah dengan Dak-galbi itu tadi.

 

Waktu itu gue ngunjungin tempat ini pas weekend malem, jadi kira-kira kondisinya kayak gini

IMG_5983

IMG_5984

IMG_5985

Serius, kondisi di dalam rame banget (walaupun di luar agak sepi sih), dan untungnya ada sisa 1 meja di situ.

 

Sambil gue ditawari menu kayak kemaren, gue juga ditawari menu promo kayak gini

IMG_5980

 

Oke, so i’ll tell you guys. Promonya di sini berupa diskon 50% per harinya buat menu tertentu. Kalo temen-temen sempat ke Pizza Hut gak lama ini, promonya kurang lebih kayak gitu. Kalo bisa gue jelasin :

  • Temen-temen cuma bisa pilih 1 menu
  • Buat menu BBQ, temen-temen cuma free 1 bumbu (nanti gue jelasin). Kalo mo pesen bumbu tambahan, bumbu tambahannya pake harga normal
  • Buat menu Dak-Galbi, temen-temen cuma dapet isi dasar Dak-Galbi (seperti yang gue jelasin tadi)
  • Sebagian menu yang gak ada di buku menu biasa, kalo temen-temen pesen bersamaan menu lain yang udah temen-temen pilih buat didiskon, harganya jadi normal (nanti gue jelasin)

Kebetulan hari waktu gue review adalah hari Minggu, jadi pilihan menu gue kayak gini..

IMG_5982

 

Ada :

  • US Prime Personal (Menu BBQ)

  • Fried Callamary

  • Korean Chicken Wings (original)

  • Bibimsoo / Pat Bing Soo

 

Ada menu BBQ kan ? Gue udah free 1 bumbu yang bakal gue pilih. Daftar bumbu yang bisa temen-temen pilih bisa diliat di daftar menu (di part sebelumnya). Kebetulan gue mo nambah 1 bumbu lagi, jadi bumbu gue dihitung sebagai harga biasa di buku menu yang udah sebelumnya temen-temen baca tadi.

 

Kalo gue pesen di hari Kamis kemaren, isinya…

IMG_5981

  • Dak-galbi Personal
  • Gyeranjim
  • Cheese Buldak
  • Melon Squash

 

Melon squash kebetulan kemaren gak ada di buku menu. Gue mutusin buat pilih diskonin Dak-galbi personal, dan gue pesen melon squash juga. Jadinya melon squash harganya dobel dari yang tertera (harga normalnya Rp 22000,-)

 

Paham kan penjelasan promo dari gue ? Serasa ngiklan deh, pokoknya gitu. Oh ya guys, promonya berlangsung sampe 10 Oktober 2015. Jadi buat yang baru baca hari ini, mumpung ada waktu dan pengen ngehemat duit buat akhir bulan, manfaatin tuh promo yang gue jelasin tadi. Jamnya ? Terserah kok kalo dari yang gue tanyain pelayannya.

 


 

Gue belom makan dari pagi, yang serasa kayak puasa. Jadi gue pesen cukup banyak menu, ada…

  • Dak-galbi personal yang biasa (non-spicy): isinya ada ayam, rice cake (bukan kue beras Jepang yang crispy itu, tapi yang agak kenyal), daun bawang, ubi, kubis dan bumbu-bumbunya. Bedain ama Dak-galbi set, yang ada porsinya sendiri (kalo temen-temen baca menu di part gue sebelumnya)
  • US prime personal : gue lupa dagingnya apa, kayaknya sapi. Kalo temen-temen pernah nyoba American BBQ, kurang lebih kayak gitu.
  • Korean chicken wings original
  • Gyeranjim : semacam steam egg, disajiin dalam mangkok hot plate.
  • Skyparadise mint : minuman soda warna biru, yang ada rasa susu ama mint.
  • Bibimsoo / pat bing soo : es serut korea. Isinya es krim, buah-buahan, sama kacang merah.

 

Banyak banget kan ? Waktu menu gue udah dipesen, secara unexpected menu Dak-galbi personal dan US prime personal habis. Kata pelayannya sih, kondisi waktu itu rame banget dari siang, jadi banyak menu yang habis. Dan itu bisa tiba-tiba (dari yang awalnya ada, jadi gak ada). Denger-denger itu sering terjadi di tempat ini, terutama pas kondisi rame.

 

Jadi kalo gue saranin, usahakan jangan sampe temen-temen datang terlalu larut ato malem kalo mo dapet menu yang kayak gue pengen tadi. Terutama pas weekend ato juga hari libur

 

Oke, plan gue buat review menu Dak-galbi ternyata harus gue bikin di part lain, jadi gue pesen kayak gini :

  • Dak-galbi personal
  • US prime personal Chicken breast
  • Korean chicken wings original
  • Gyeranjim
  • Skyparadise mint
  • Bibimsoo / pat bing soo

 

Meja gue waktu itu. Semua meja di dalam ruang bisa buat masak Dak-galbi dan juga sebagiannya di luar. Ciri-cirinya, tentunya ada kompor unik yang gue udah jelasin kemaren.

IMG_5986

 

Jadi, yang bakal gue bahas utamanya di review kali ini adalah menu BBQ. So, i’ll take a chance to see how to cook it. Dibolehin tentunya ama pelayannya. Kali ini buat Australian Rib (yang bakal mereka bikin buat meja lain).

 

Bahannya tentu aja daging yang tebel kayak gini

IMG_5987

 

Sebelumnya panasin kompor dulu. Sebelum daging dimasukin, daging dicelup dulu ke bumbunya.

IMG_5988

Buat daging yang besar, tentunya dipotong per bagian dulu biar gampang nyelupin ke  bumbunya.

 

Voila..

IMG_5989

 

Setelahnya, balik kalo satu sisi udah mateng

IMG_5990

 

Kalo udah mateng, bakal kelihatan di salah satu daging kayak di foto ini

IMG_5991

 

Dan.. jadi deh

IMG_5992

 

Oh ya, buat nikmatin menu BBQ ini langsung, temen-temen cuma bisa make di meja luar. Gak mungkin juga kan temen-temen masak di dalem resto / cafe, terus penuh bau asap kan ?

 


 

Dalam waktu yang gak terlalu lama, kali ini Chicken breast pesenan gue.

IMG_5998

Porsinya keliatannya gak terlalu besar, but okay.. Next !

 

Gue pesen 2 bumbu : 1 rasa lemon herb, 1 rasa bulgogi. Jadi kita liat aja nanti. Celupin bumbu dan minyak..

IMG_5999

IMG_6001

IMG_6005

 

Panasin..

IMG_6000

IMG_6003

IMG_6006

 

Dan… jadi deh (ntar gue tunjukin) !

 

Kebetulan menu gue udah dateng. Banyak banget deh pokoknya. Dan wow, jadi kira-kira kayak gini penampakannya.

 

-> Skyparadise Mint

IMG_5994

 

-> Korean chicken wings original

IMG_5997

 

-> Gyeranjim & Chicken breast yang dibikin tadi

IMG_6007

 

-> Bibimsoo / pat bing soo

IMG_6008

 

Wohoohoo, menu yang gue pesen banyak juga. Jadi bingung nih gue makan yang mana minum yang mana dulu. Okay, so

  • Korean chicken wings original : di foto, keliatannya porsinya gak terlalu gede. Untuk porsi sebenernya, hasilnya lumayan banyak ayamnya. Gak terlalu banyak-banyak amat sih. Kira-kira kalo temen-temen nyoba ayam crispy yang biasa temen-temen beli, rata-rata 1 potong besarnya segitu. Ada sekitar.. Mungkin 4 ato 5. Gue lupa. Bumbunya sama kayak yang gue review kemaren, manis-manis gurih. Rasanya gak terlalu nyatu awalnya, tapi habis temen-temen coba sekalian sama bumbunya, jadi nyatu satu sama lain.

 

  • Chicken breast : porsi ayamnya gak terlalu besar. Seperti yang gue bilang tadi. Tapi seenggaknya gak terlalu kecil-kecil amat juga. Buat rasa, ini perasaan gue aja ato gimana, rasa bumbunya mungkin perlu diperkuat lagi. Mungkin bakal lebih baik kalo sambil dibakar, sambil diolesi bumbu juga. Mungkin bisa pake kuas yang gak gampang nempel ke daging kalo gue bisa saranin.

 

  • Gyeranjim : kalo temen-temen pesen menu ini, usahain dimakan segera begitu pas disajiin. Soalnya tentu aja rasanya gak terlalu enak kalo dibiarin terlalu lama (ada bagian yang gosong). Rasanya secara umum oke, walaupun menu ini emang bukan favorit buat banyak orang (kalo diliat dari rasa keseluruhan).

 

  • Skyparadise mint : sebagai penggemar mint, gue puas banget sama minumannya. Rasa susu dan mint-nya kerasa, ditambah lagi sama sodanya. Nge-bland satu sama lain. Overall, recommended

 

  • Bibimsoo / pat bing soo : porsinya jelas lumayan gede buat ukuran dessert. Secara umum gue suka keseluruhannya, walaupun gue bisa saranin tambahin jenis buahnya. Overall, rasanya nge-bland satu sama lain, dan esnya juga gak terlalu keras.

 

 

Secara keseluruhan, gue kenyang banget. Porsi 2 nasi juga lumayan bikin kenyang juga. Bahkan ada beberapa menu yang gak sempet gue habisin, jadi kalo ke sini lagi, gue kurangin menu yang bakal gue makan. Porsinya dari makanan-makanan tadi lumayan besar, kalo gue bisa saranin ke temen-temen, usahakan ajak temennya buat makan kalo mo susunan menu kayak gue tadi. Ato bisa kayak gini (kalo dari menu gue):

  • BBQ set (+ nasi) + Minum + Bibimsoo
  • Menu utama (Korean chicken wings / Gyeranjim + nasi) + Minum + Bibimsoo

 

Kalo buat single eater (1 orang doang), 2 pilihan cara makan gue udah lebih dari cukup buat bikin kenyang. Intinya jangan terlalu banyak pesen menu kayak gue di review ini.

 

Skip forward to our price. Here it is

IMG_6010

 

Sekitar Rp 120.000,- . Err.. Wait. Bibimsoo & chicken wings gue didiskon 50%. Seriously ?

kucingkaget

 

Gue kaget banget. Sayangnya barang yang udah dibeli gak bisa dibalikin sih. I’m so lucky today though. Kalo misalnya 2 menu tadi dikasih harga normal, kisarannya mungkin bisa 150 – 160 ribu.

 

Buat gue, secara umum buat 5 menu tadi gak terlalu mahal amat. Mungkin harga Chicken Breast sedikit lebih baik kalo diturunin (kalo diliat dari porsinya). Itu buat 5 menu. Kalo temen-temen ngikutin 2 pilihan tadi, kisaran harganya mungkin bisa sekitar 100 – 120 ribu. Dari sergi harga, gue bisa masukin resto / cafe ini ke arah high end, yang untuk ukuran sekelasnya, bisa dibilang masih lumayan oke.

 

Tips hemat dari gue, karena harga tadi belom termasuk PPN, jadi pertimbangin baik-baik menu yang bakal dipesen. Itu kalo mo lebih hemat sih. Plus, ajak temen-temen lo buat makan di sini. Selain itu juga, manfaatin segala promo yang ada di tempat ini, karena promo yang ditawarkan di sini selain sifatnya rutin, juga cukup banyak. Itu aja sih.

 

After that, i’d went home with big smile, bingung mo nulis apalagi, kayaknya review gue udah selese.

 


 

Kesimpulan :

Sebelum masuk ke kesimpulan, gue baru nyadar kalo review yang gue tulis ini lumayan panjang juga. Ditambah lagi, menu yang gue pesen juga paling banyak buat review gue sejauh ini. I’m satisfied though

 

Jadi, gue udah review main menu buat resto / cafe ini. Dengan harga dan porsi yang gue jelasin, gue bisa bilang tempat ini cocok banget buat kongkow-kongkow (apalagi kalo bareng), ditambah tempatnya yang nyaman (yang gue udah jelasin di part sebelumnya juga).

 

Soal pelayanan ? Mereka kelihatannya agak kewalahan, jadi perlu cukup banyak pengaturan waktu. Tapi secara umum, dari yang gue amati, gak ada komplain sama sekali dari para customer lain yang dateng ke situ. Mereka secara umum udah berusaha ngelayanin yang terbaik, so thumbs up for that.

thumbsup2

Recommended ? Recommended tentunya, dan gue bakal balik ke sini.. If the price is right though.

 

Karena gue belum sempat review signature menu buat tempat ini, jadi gue bakal bahas di part selanjutnya. Enak ato gak ? Liat aja deh… Okay, see you next time !

Komentar di sini

