(Really) Horrible Way to Grow Our Nationalism

Tulisan ini pendek-pendek aja. Gak usah ribet-ribet, karena gue jujur bingung mo nulis lengkap kek gimana.

 

Gue tulis post ini di blog ini sebagai bentuk komplain gue terhadap apa yang udah penjaga kampus fakultas gue lakuin terhadap gue sekitar 5 hari lalu. And of course, probably I would never meet them again. Masalahnya simpel aja sebenernya, tapi pada saat yang sama, jujur tubuh gue masih ngerasa sangat gatal-gatal inget kejadian kemaren-kemaren pas gue nulis post ini.


 

Cerita

Gue udah sekitaran sejam sebelum UTS yang dilaksanain tadi (barusan). Gue ngecak ngecek barang sana sini dan nyadar kalo kunci motor gue gak ada. Perasaan elu waktu itu pastinya kek gini

 

Sebelum ke gedung B (anggap aja gitu), gue sempet belajar di gedung A. Jadi kalo gue pikir, keknya kunci motor gue ilang di situ. Gue musti kudu buru-buru ambil tuh kunci, apalagi kalo yang namanya kunci motor kalo udah diambil orang tinggal nemuin motornya, habis deh riwayat.

 

Oke, singkat cerita kunci gue gak ada di gedung A. Terlebih habis nanya ruang informasi soal kehilangan kunci. Dan gue dikasitau kalo gue ke pos penjaga kalo soal barang ilang. Singkat cerita, gue ngeliat di sekitar ruangan pos, dan gue nemu kunci gue. Gue ceritanya mo ngambil kunci itu, sekalian ngelapor kehilangan, BUT

 

“Mas, liat di samping ya.”

 

Oke, gue ngeliat ke samping (yang ada kertas ditempel itu). Tau tulisannya apa ?

 

“SETIAP PENGAMBILAN / PELAPORAN BARANG HILANG, WAJIB MENYANYIKAN LAGU KEBANGSAAN INDONESIA”

 

Dan kira-kira gini reaksi gue.

 

Gue ngerasa dimain-mainin plus ditambah lagi gue juga ngerasa gak ngelakuin kesalahan apa-apa. Napa gue musti nyanyi ?! Temen-temen jangan kepancing emosi dulu. Oke ? Liat penjelasan lengkap gue di pembahasan.

 

Okay, I don’t have time for this shit. Apalagi bentar lagi mo UTS, jadi gue nyanyiin tuh lagu “Indonesia Raya” di hadapan bapak-bapak. Plus dalam kondisi yang satunya lagi lagi ngerokok.

 

Singkat cerita, gue disuruh ngisi laporan kehilangan dan nomor hape. Jujur, gue ngerasa gatel banget kalo informasi pribadi gue (terutama nomor hape) ditulis. Tubuh gue jujur gatel banget.

 

Gue dikasitau sama bapak-bapak douchebag itu kalo kuncinya nempel di motor gue.

 

Gue nyesel abis. Untung aja gak ada apa-apa. Malah ditanyain terakhir : “bapakmu tentara ya ?” (karena gantungan kunci motor gue adalah MARINIR, so you know what i mean)

 

Gue ngejawab seadanya ke orang-orang itu plus ngerasa thankful (and i’m gonna say thanks) ke mbak yang nemuin kunci motor gue tadi. Tapi sejujurnya, badan gue ngerasa gatel gatel muka merah banget plus rasanya mo marah ke orang-orang itu tadi karena ngerasa ‘dimainin’. Tau kan maksud gue ? Kek gitu sih

 


 

Pembahasan

(Ceritanya kek laporan aja pake pembahasan XD)

 

Kalo dari apa yang gue alamin barusan, gue sebenernya appreciate apa yang mereka lakuin. Plus peraturan mereka yang super aneh itu. Gue sempet curhat ama beberapa temen gue, entah di line ato ngomong langsung, mereka bilang ada sisi positifnya. Contohnya pembentukan karakter, karena anak kuliah kemungkinan besar kehilangan nilai nasionalisme karena (mungkin) gak nemuin something real about it.

 

Apalagi akhir-akhir ini ada kejadian kek gini

 

Zaskia gotik pancasila

 

Gue keknya bakal yakin nih bakal ada yang ngehina gue langsung di blog, kek 2 kejadian sebelomnya yang udah gue ceritain tadi. Ato bahkan masuk di berita. Tapi perlu diinget, gue juga punya alasannya sendiri. Jadi karena inti postingannya ini adalah negative side dari kejadian kek gini, so I’ll tell you why..

 

  • First of all, Siapa sih coba yang gak risih disuruh nyanyi di hadapan beberapa orang ? Kek kalo temen-temen dapet hukuman, biasanya disuruh nyanyi. Analoginya sama kek gitu. Dan gue ngerasa ini lebih ke hukuman dibanding pembentukan karakter. THIS IS JUST LOSING YOUR THINGS, AND YOU’VE DIDN’T DO ANY BAD THINGS. DAN WHAT THE HELL GUE MUSTI DISURUH NGELAKUIN HAL YANG SIFATNYA HUKUMAN KEK GINI ? GUE CUMAN KEHILANGAN BARANG, BUKAN NGELAKUIN HAL-HAL JELEK !

 

Sori kepslok jebol, intinya gue marah banget.

 

  • Dua, peraturan ini lebih dikeluarkan dari penjaga fakultas, bukan dari Fakultasnya langsung. Jadi seharusnya bukan jadi masalah yang entah bakal berhubungan dengan akademis and shit. Bukan jadi masalah yang gue maksud di sini adalah ketika peraturan ini dihapus, seharusnya gak berefek pada hal-hal laen, misalnya akademik yang gue jelasin tadi. (Edit : Jadi.. Hal ini sebenernya lebih berhubungan ke hal pribadi dibandingkan dengan soal akademis)

 

  • Dan yang paling penting lagi, sekarang apa ada gitu orang-orang yang paham soal lagu kek ginian. Maksud gue di sini adalah sebenernya ada gitu yang paham soal arti lagu “Indonesia Raya” ? Kalo dari yang ngebuat peraturan aja udah gak tau esensi lagunya, gimana buat yang ngalamin kejadian kek gue ? (Edit : Dengan 2 kejadian tadi, tentunya kalo make lagu “Indonesia Raya”, temen-temen udah tau resikonya kan ?)

 

  • Plus ditambah lagi, kalo yang kehilangan ternyata bukan gue sebagai mahasiswa. Bisa dosen, ato dekan, ato semacamnya… Gue pasti yakin mereka dapet perlakuan yang berbeda. Walaupun gue gak tau kenyataan di lapangan kek gimana, tapi dengan kondisi sekarang yang serba mungkin, apalagi serba pilih kasih, paling gak hal kek gini juga bisa jadi alasan kenapa peraturan ini horrible. Gue jelas nganggep ini diskriminasi kalo ternyata hal yang sama gak dilakuin ke orang-orang itu.

 


 

Kesimpulan

Walaupun peraturan musti nyanyi lagu Indonesia Raya buat ngambil barang hilang perlu diapresiasi karena buat ngebentuk karakter, gue somewhat belom nemuin manfaat real dari peraturan kek gini. Malah yang ada, badan gue gatel-gatel inget kejadian malu-maluin tadi.

 

Alasan-alasan tadi seharusnya udah cukup buat jadi alasan kuat kenapa peraturan memalukan ini gak boleh ada. Gue gak bilang memalukan sih, but to be honest.. Just no. Kalo gue musti disuruh milih, gue lebih baik kehilangan kunci motor gue dibanding gue nerima hal yang sifatnya malu-maluin dan cenderung beresiko dijadiin mainan kek gini. THIS IS VERY HORRIBLE AND I DON’T WANT TO MEET THEM AGAIN. Tentunya gue gak mo kehilangan barang lagi ke depannya

 

Jujur, gue ngerasa kecewa ama pelayanan di kampus gue satu ini (gue gak nyebut kampusnya, soalnya biar jaga citra nama baik), terlebih ditambah lagi soal peraturan aneh kek gini. Gue beresiko di-DO sih emang, tapi gue juga udah punya alasannya sendiri lewat post ini. So, after all, i don’t afraid.

 

Gitu aja sih menurut gue. Gue masih gak habis pikir aja sih.

10 Comments

  1. Kl menurutku sih mungkin dengan nyanyi di depan umum bakalan jadi pelajaran biar gak ngilangin barang berharga lagi karena kapok dan malu kalo disuruh ngulang lagi. Soal yang ngisi nomer telpon, aku rasa itu wajar karena bisa aja itu bukan kuncimu tapi kamu ngaku2 kalo iti kuncimu. Jadi nulis nomer itu kayak bentuk tanggung jawabmu semisal itu bukan kuncimu. Di matos aja diberlakukan sistem kayak gitu (re: ngisi nomer telpon). So it’s not that bad I think

    Suka

    Balas

    1. Makasih udah mampir 🙂
      Tapi buat gue (still), gue ngerasa gue dimainin. Kenapa gue nganggep ini horrible, karena ini beresiko buat dianggep maenan

      Soal barang hilang, tanpa disuruh kasih hukuman kek gini aja gue udah kapok. Cuman.. Kalo ditambah ngasih “hukuman” kek gini, just NO

      Suka

      Balas

  2. Masuk akal sebenernya kalo disebut hukuman, Yap bener memang ini hukuman karena kamu ceroboh. Akhir” ini banyak banget motor ilang di kampus itu, dan kalo seumpama ada yang motor ilang penjaga itu yang disuruh tanggung jawab 50% untuk ngganti, dan padahal gaji mereka hanya +- 1 juta per bulan. Itu saya langsung denger dari curhatan mereka. Mungkin itu alasannya. Sangat rasional menurut mereka melakukan itu

    Suka

    Balas

    1. Jadi elu bilang gue ceroboh ? Okay then.

      Soal curhatan yang dibilang tadi. Okay, I understand your point. Tapi menurut gue, kalo mereka kreatif dikit, paling gak ada cara laen yang bakal lebih baik dibandingkan dengan nyanyi yang justru bikin malu. So I can’t see why that’s rational though

      Suka

      Balas

  3. Yap, kalo menurut saya memang itu hukuman. Hukuman karena kamu mungkin kurang hati” atau teledor. Ada hal yang kamu harus tau bahwa akhir” ini banyak kasus motor hilang di kampus tsb. Dan jika hilang para penjaga yang diwajibkan mengganti 50 % untuk motor tsb, padahal gaji mereka hanya +- 1 juta per bulan. Saya denger langsung dari mereka. Jadi cukup beralasan sepertinya

    Suka

    Balas

    1. But still, no. I just can’t see rationality from this method
      Masih ada cara laen kalo mereka mo kreatif dikit. Gak usah nyanyi deh, apa kek gitu

      Apalagi lagu kebangsaan kek gini yang resikonya besar, you know the deal, rite ?

      Suka

      Balas

    1. Thank you for visit 🙂
      Kalo ini diterapin ke gue sebagai mahasiswa, gue somewhat masih mo terima. Tapi kalo sampek cuman mahasiswa doang ? Well, I’m sorry. That’s shitty idea

      Jaman sekarang aja kebanyakan yang bikin peraturan mana berani nerapin peraturan ke orang-orang yang dah usia lanjut

      Suka

      Balas

Komentar di sini

