Surabaya – Heerlijks Cafe

heerlijks cafe instagram

Rasanya rada nyebelin ya pas puasa gini ketambahan tugas dadakan. Kemaren udah tugas, hari ini tugas lagi, nanti beberapa menit kemudian tambah tugas lagi.

Gitu aja terus

Oke ralat, gue musti sabar pas puasa soalnya. Cuman rasanya rada sebel aja sih. That’s really terrible -,-

 

Omong-omong soal puasa, temen-temen yang ngebaca blog gue pasti ngeliatin menu review kuliner gue sambil nyari referensi buat buka puasa seperti apa. Ato paling gak buat makan biasa ato mungkin sahur. Kebetulan gue mo bikin review selanjutnya, kali ini masih di kawasan Surabaya lagi. Kemaren barusan menu gelato, sekarang menu gelato lagi, but this time, it will gonna be at different place.

 

Pada lapar ? Mending baca dulu


 

Detail :

– Herlijks Cafe

  • Lokasinya jadi satu ama Perpustakaan Bank Indonesia. Alamatnya di Perpustakaan Bank Indonesia ex mpu tantular no 9, Jl. Taman Mayangkara, Jawa Timur.  Sebenernya ada cabang lain, but I think maybe they’re not gelato cafe.

– Jam buka : 09.00 – 23.00. Gue gak tau apa ada waktu last order ato gak , tapi gue nyaranin maksimal jam 22.00 datengnya ke cafe (karena lokasi tempatnya yang cenderung rame).

– No. Hape : 081287501818 (based on their instagram @heerlijkcafe)

  • Selain di instagram, temen-temen bisa add akun line mereka di sini

 

Seperti biasa, gue bakal kasih petunjuk gimana cara nyampe tempatnya. Gue cuman bakal nunjukin gimana caranya buat ke cafe gelatonya itu sendiri.

  • Dari arah Kebun Binatang Surabaya, temen-temen tinggal jalan kaki aja lurus. Cari Perpustakaan Bank Indonesia di situ, dan ketemu deh.

Heerlijk - KBS

 

  • Temen-temen lagi di Terminal Joyoboyo ? Jalannya agak sedikit lebih jauh, intinya tetep lurus aja, habis itu ikutin arah dari Kebun Binatang Surabaya yang gue jelasin tadi

Heerlijk - Terminal joyoboyo

 

  • Ada yang lagi di Taman Bungkul ? Tinggal jalan kaki ke arah Kebun Binatang Surabaya (gak nyampe kebun-nya tapi), terus tinggal nyebrang jalan aja ke Perpustakaan Bank Indonesia

Heerlijk - Taman Bungkul

 

Dan nanti temen-temen nemu deh kek gini

IMG_4956

 

Sedikit info soal diskon aja sih. Intinya 30% kalo temen-temen beli es krim di hari Senin

IMG_4955

Sedikit ngeloncat, intinya ini buat cewek. Gak adil banget nih. Kapan buat cowok ?

 

Oke, lanjut. Jadi seperti ini kira-kira Perpustakaan Bank Indonesia.

IMG_4958

 

Dan cafe ini ada di bagian balkon perpustakaannya

IMG_4959

 

Gue kadang rada bingung sih mo jelasin kek gimana. Pokoknya kek gini pemandangannya

IMG_4972

IMG_4971

IMG_4995

IMG_4961

IMG_4960

 

By the way, ini jam buka perpustakaannya.

IMG_4973

 

Singkat cerita, gue udah di meja dan ini menu-menunya.

IMG_4962

Yang itu tadi buat menu es krim ama minumannya, kalo ini menu makanannya

IMG_4963

 

Kebetulan dana gue lagi rada terbatas, apalagi waktu itu mo gue pake buat makan pas malemnya. Jadi gue mutusin buat nyobain es krimnya aja sih sebenernya. Tapi karena gue belom makan siang dari tadi sejak di Malang, jadi lebih baik gue pesen makan besarnya sekalian. Surabaya macet banget waktu itu by the way.

 


 

Sambil nyiapin kamera buat foto makanan, gue sambil foto di bagian dalem ruang. Anyway, gue sempet bingung tadi pesen makanannya kek gimana tadi, jadi gue musti nemuin pelayannya di kasir dulu, baru pesen makanan.  Tapi sebenernya, temen-temen bisa sih panggil pelayannya buat pesen di meja makan aja. Tau gitu tadi pesen di meja makan aja tadi -,-

IMG_4993

Sampek mana tadi.. Oh ya, di ruang dalem tadi, ada cukup banyak pilihan buku. Jadi temen-temen bisa ambil buku sekedar buat baca-baca. Yang penting asal gak dibawa pulang aja.

 

Ya.. Begitulah arah-arahnya yak

IMG_4975

IMG_4976

 

Oh ya, di sini ada pilihan minumannya.

IMG_4977

Gue gak tau apa bir ini emang bir beneran ato gak. Kalo ragu-ragu, coba tanyain pelayannya aja

IMG_4978

Bir pletok ? Kalo ada minuman kek gini, trus temulawak jadi inget bir pletok deh. But don’t worry, bir pletok bukan bir beneran kok. 🙂

IMG_4979

 

Jadi ini detil menunya juga

IMG_4981

IMG_4982

 

Sambil ambil foto yang laen, by the way, ini quote buat hari ini

IMG_4984

 

Sayangnya, gue gak punya ini di rumah

IMG_4985

 


 

Buat temen-temen yang mo ke toilet, toilet sayangnya ada di gedung belakang. Jadi temen-temen jalan dulu bentar lewat samping, abis itu baru ke gedung belakang. Kalo boleh gue saranin, minta pelayannya supaya tempatnya ditandai “booked” ato segala macem, karena biasanya meja yang ditinggalin gampang ditempatin orang baru yang mo makan.

IMG_5009

Gue simpel aja, kira-kira kek gini. Tapi gue gak fotoin ke dalem, soalnya ada pak satpam juga. Kan awkward

IMG_5010

IMG_5011

 

Habis menuhin panggilan alam, sambil nunggu makanannya (yang sepertinya agak sedikit lama), gue pengen nyoba wi-finya dulu. Wi-fi ada kok di sini by the way

IMG_5005

Passwordnya ada di kotak tisu di meja temen-temen, cari aja. Kalo gak ada, tanya pelayannya. Ada sih fotonya, cuman sekarang lagi musim-musim hekel, jadi.. gak deh.

IMG_5007

Wi-finya ? Bisa kok. Tapi lebih baik ambil di ruang dalem aja kalo mo lebih cepet

 

Oh iya, ini promo-promo yang bisa temen-temen coba.

IMG_4996

IMG_4997

Kalo belom jelas, tanyain pelayannya buat lebih detilnya

 

Oke, singkat cerita, makanan gue udah dateng.

IMG_4986

Wait, ice cream ? Gue heran, kenapa es krim dulu ya ? Bukannya harusnya makan besar dulu ya ? Well, whatever. Jadi beginilah foto-fotonya ya..

IMG_4987

IMG_4988

 

Waktunya terbatas, takutnya es krimnya leleh. Intinya, saran gue, apalagi kalian-kalian yang mo jadi foodies, waktu terbaik ngefoto es krim maksimal sampek 1 menit. Habis itu, biasanya es krimnya leleh

 

Jadi kalo diliat lebih detilnya..

IMG_4989

IMG_4991

Sebenernya ini es krim biasa kok, cuman ini ditambah sama brownies coklatnya.

IMG_4990

 

Soal rasa ? Nanti deh bakal gue jelasin. Dan gak lama, menu makan besar gue dateng.

IMG_4999

 

Dan foto-foto lagi..

IMG_5000

IMG_5001

 

Beginilah penampakannya

IMG_5002

 

Oke, langsung cuss icap icip. Gimana rasa dan porsinya ? Here we go..

  • Buat menu es krimnya (a.k.a. Es grim Brondong Manis), dari segi rasa mungkin gue bisa bilang standar es krim biasa. Kek gitu dah, pokoknya yang kek biasa temen-temen nyobain. Bagusnya di sini, gak ada rasa gum ato plastik yang biasa temen-temen temuin pada es krim yang temen-temen cobain di cafe gelato. Brownies-nya juga pas dari segi tekstur ama rasa, mungkin coklatnya bisa sedikit lebih manis lagi. Selebihnya, pas deh. Gue suka plating-nya (penataan makanan) juga. Untuk segi porsi, standar-standar aja sih gue bilang kek waktu nyobain di tempat makan high end.
  • Buat makan besarnya, yaitu Segor Njamoer.. Gue ngerasa ada something wrong ? Gak salah-salah amat sih, cuman untuk segi rasa, gue bisa bilang bumbunya perlu diperkaya lagi. Ditambah jamurnya yang mungkin agak kering (keliatannya masaknya agak lama). Dari tekstur nasinya, gue bisa bilang pake satu tips aja sih : kalo misalnya ditanak lagi sekitar gak nyampe 5 menit sebelom digunakan, nasinya bakal lebih oke lagi. Teksturnya oke, tapi kalo sedikit lebih lembut, mungkin bakal lebih oke. Garnish + kerupuknya ? Oke deh. Dari segi porsi juga gue bisa bilang standar sih, sedang-sedang aja.

 


 

Kebetulan karena macet tadi, jadi gue langsung cabut dari tempat makan buat ke hotel. Singkat cerita, gue keluar, dan ngebayar pesenan gue

IMG_4970
Jangan lupa parkirnya. Sama kek di Malang, di Surabaya parkir motor siapin Rp 2000,- dan mobil siapin Rp 3000,-.

 

Beginilah harganya
IMG_5013
Gue lupa satu hal, ini harga buat es krim doang. Kebetulan juga dapet diskon 30% khusus buat menu es krim tadi kek gini

IMG_5008

 

Oh ya, soal harga, harganya ini belom termasuk PPN. Gue kebetulan pesen menu besar ama air mineral botolan. Totalnya semua sekitaran Rp 52500,-.  Kalo belom sama diskon tadi, totalnya semua bisa di kisaran 60 rb-an.

 

Perbedaannya antara yang pake promo ama belom lumayan sih, sekitaran 10 rb-an. Jadi kalo mo makan lebih hemat, usahain pesen menu yang lagi ada di promo. Itu bakal berguna banget. Kalo mo nongkrong-nongkrong biasa, gue rasa menu es krim aja udah cukup. Itu juga bakal sama (ato bahkan lebih) hemat(nya).

 

Oke, gitu deh ya. Beginilah suasana Jl. Taman Mayangkara (bener yak ?) waktu itu

IMG_5018

 


 

Kesimpulan :

In terms of service, gue bisa bilang tempat ini not bad lah. Yang jadi poin gue di sini, mungkin ada sedikit miss dari cara ngelayanin makanan, di mana dessert idealnya disajiin terakhir habis makan besar. Jadinya, waktu disajiin, es krimnya nampak cair dikit (mungkin masih gak apa-apa ya, tapi buat ambil foto, it could cause more trouble too). Pelayanannya juga agak cenderung sedikit lama, walaupun gak lama-lama amat. Gue amatin mereka perlu waktu sedikit lebih lama buat ngeberesin meja, maupun nganter makanan. Jadi perlu perbaikan manajemen waktunya.

 

Selain itu, yang gue temuin juga sebagian masih ngelayanin seadanya, terutama buat cowok. Bisa diliat dari segi intonasi, maupun cara pengucapannya juga. Kesannya agak ogah-ogahan. Sebagiannya lagi.. Okay I think. Jadi gue rasa motivasi kerja juga perlu ditingkatin di tempat ini. Tempat ini masalahnya udah terkenal loh. Sayang banget kalo sampek ada yang ngelayanin ogah-ogahan kek gini.

 

Of course also, I’m not into that “kak” style shit. Tapi itu kalo selera gue sih.

 

Buat porsi dan harga, temen-temen bisa masukin tempat ini ke arah high end ato middle price (apaan lagi tuh). Pokoknya bisa harga tinggi ato sedang, tergantung dari apa yang dimakan / diminum. Tapi buat review ini, porsinya gue bisa bilang oke buat standar cafe. Untuk segi rasa, gue suka banget ama es krimnya, tapi standar buat makan besarnya.

 

Segi tempat ? Walaupun ambience-nya gak terlalu oke, karena suasananya yang ada diapit 2 jalan, selebihnya tempatnya not bad. Nuansa klasiknya tetep dapet, fasilitasnya juga oke. Kenyamanan.. Mungkin bisa dibaikin lagi deh.

 

Recommended ? Buat gue iya. And of course, that’s end of this review.

Komentar di sini

