Surabaya – Calibre Coffee Roasters

Udah sekitaran 2 minggu puasanya, gimana kabarnya gaes ? Masih sehat ? Masih kuat ?

 

Masih di Surabaya, dan tentunya referensi buat makan. Entah buat puasa, entah buat kuliner biasa, kali ini gue bakal review tempat makan laen di Surabaya. This time, it’s about.. Coffee again.

Calibre coffee instagram

 

Oke, di blog ini (kalo temen-temen ngikutin dari awal), gue bisa bayangin berapa banyak temen-temen yang bisa ngeliat review tentang cafe kopi di sebagian besar review kuliner gue. But I think it’s okay, because to be honest, gue gak terlalu tau referensi kuliner di Surabaya. Rata-rata tempat makan yang gue review di sini sebagian besar gue temuin sendiri di jalan. Begitu juga ama tempat yang bakal gue review ini.

 

Temen-temen udah pada hapal gimana review soal kopi kan ? So here we come..


 

Detail :

  • Calibre Coffee

  • Jl. Walikota Mustajab 67-69, Surabaya, Jawa Timur

  • Buat jam buka, perhatiin baik-baik guys

  • Minggu – Kamis : 10.00 – 22.00. Dari segi menu yang bakal gue bahas kali ini, usahain temen-temen gak dateng lewat dari jam 21.00
  • Jumat & Sabtu : 10.00 – 23.30. Untuk hari-hari ini, usahain maksimal dateng jam 22.30
  • Temen-temen bisa hubungin nomor telpon mereka di (031) 545-4801. Selain itu, temen-temen bisa pantengin instagramnya di sini

 

Oke, singkat aja… Gimana cara biar nyampek ke tempat ini ?

  • Kalo temen-temen tau daerah Plaza Grand City, tempat ini deket banget. Tinggal cari tempat terdekat, jalan kaki bentar, dan nyampek deh

Calibre coffee grand city

 

  • Dari Balai Kota Surabaya juga deket, tinggal cari bagian yang ada pancoran airnya di bagian depan, terus lurus aja, dan ketemu tempat ini deh

Calibre coffee balai kota surabaya

 

  • Tau Gedung Balai Pemuda ? Tinggal (kalo gak salah) belok kiri. Pokoknya ke Jl. Pemuda. Temen-temen yang udah ngebaca review gue yang ini, kira-kira tau deh. Ambil jalur kanan, terus belok kanan. Terakhir, tinggal temuin tempat ini deh.

Calibre coffee gedung balai pemuda

 

  • Kalo temen-temen di RRI (ato Plaza Delta), temen-temen tinggal terus lurus ke arah perempatan (yang ada air mancur gede itu), abis itu belok kanan dan ikutin arah kek yang gue jelasin sebelomnya

Calibre coffee RRI Delta

 

Jadi kira-kira kek gini bayangan jalannya nanti. Tapi ini masih di depan balai kota (yang ada pancoran airnya itu)

IMG_5163

 

Tinggal lurus terus..

IMG_5166

 

Dan nemu tempat ini deh

IMG_5167

 

Oh ya, promo waktu itu. Sayangnya cuman buat bulan Mei doang kemaren.

IMG_5168

Kebetulan, denger-denger tempat ini sering ngadain promo. Jadi kalo gue saranin di awal, make sure temen-temen jangan sampek ketinggalan promo yang lagi diadain ama tempat ini.

 

Oke, sampek mana tadi ? Oh ya, oke. Jadi beginilah tampak depannya.

IMG_5169

Tampak depannya sekilas mungkin ingetin gue kalo tempat ini bakal rame banget plus mungkin juga banyak asap rokok (khas kalo di beberapa cafe kopi). Tapi itu cuman sementara doang sih, so let’s see then.

 

Tempat ini juga punya tempat makan di luar. Tempat ini khusus buat yang ngerokok

IMG_5170

Diliat dari penampakannya.. Comfortable, I think ? Lanjut

 

Gue masuk ke tempat ini, dan disambut dengan yang dingin-dingin. Lumayan kalo abis dari ngejalanin aktivitas berat

IMG_5190

 

Jujur, gue agak sedikit bingung pesennya kek gimana. Tapi habis gue tanya ke pelayannya waktu itu, ternyata kita pesen langsung ke pelayannya di kassa (ato kasir, whatever itu). Kasirnya di sini

IMG_5194

 

Gak ada buku menu di sini, jadi menu-menunya ada di sini. Ini pilihan minumnya

IMG_5187

 

Pilihan minum laen plus makanannya

IMG_5188

Sebelomnya, gue ingetin dulu. Temen-temen nemuin kata “Bacon” ya di foto gue tadi ? Kalian pasti mikir kalo Bacon terbuat dari B2 (tau lah maksudnya apa). But don’t worry, kata pelayannya di sini, bahan yang digunakan di sini adalah sapi. Kalo ragu-ragu, coba tanyain lagi ke pelayannya. Ato kalo bener-bener ragu, pesen menu selain Bacon tadi.

 

Oke, lanjut. Ini pilihan snack-nya.

IMG_5189

 

Dana gue lagi terbatas, jadi gue mutusin buat pesen gak terlalu banyak menu. Jadi gue simpel aja pesen toast (sori di foto tadi gak keliatan, ngambilnya buru-buru, takut gak etis soalnya). Gue lupa, menu snack ato food, keknya food. Ama tempat ini juga fokusnya di kopi, jadi udah jelas gue bakal nyoba kopinya (walaupun gue cuman berani nyoba latte-nya doang).

 

Note : di foto kasir tadi, temen-temen juga bisa pesen macem-macem kue buat dessert ama air mineral biasa. Ada beberapa macem kue yang bisa temen-temen pilih, walaupun sayang gue lupa harganya berapa. Kisarannya sekitaran 20 30an ribu.

 

Singkat cerita, gue bayar dulu, dan  beginilah total harganya

IMG_5174

Total harganya di sini Rp 62.000,-. Kalo diliat dari menu-menunya, plus skala tempatnya secara sekilas, tempat makannya agak mahal sih, tapi gue masih bisa bilang acceptable. Cuma kita liat aja gimana ntar tempatnya ama menu-menunya.

 

Harga tadi udah termasuk promo waktu itu, yaitu beli menu kopi gue gratis 1 kopi lagi. Kalo misalnya tanpa promo, harganya mungkin hampir nyampek 100 ribuan. Kalo berdasarkan apa yang gue pesen ini, menu ini cocok buat makan berdua (walaupun jujur agak mahal sih, tapi sekali lagi, kita liat aja menunya kek gimana). Inget, harga-harga tadi belom termasuk PPN, jadi pertimbangin sebelom membeli makan.

 

Abis bayar, temen-temen bakal ditanyain menunya mo diapain. Apa mo diambil sendiri, ato dianter. Kalo temen-temen ambil sendiri, ambilnya di sini (di sebelah kasir)

IMG_5227

Gue mutusin buat dianter, karena selain gue gak terlalu oke dalam megang minum, gue juga mo ngambil foto sekalian di tempat ini.

 

Ruang dalem secara keseluruhan dingin, jadi udah jelas temen-temen haram banget buat ngerokok di ruang tadi. Ada AC nih buktinya

IMG_5203

 

Gue milih di tempat yang dalem lagi. Itung-itung juga jaga privasi. Jadi beginilah tempatnya

IMG_5172

Gue agak bingung ngejelasin tipe ruangan ini kek gimana. Kalo menurut gue sih, suasananya kek rumah biasa, ato kalo gak, serasa tinggal di luar negeri. Intinya ? Pengaturannya sempurna banget. Jadi, gue salah buat ngenilai tempat ini gak nyaman di awal-awal, tapi justru malah nyaman banget, kalo dari interior tempat makannya tadi. Nyaman dan nyaman banget.

 

Sebenernya gue lebih milih tanaman asli sih dibanding tanaman palsu yang ditempel, tapi perlu pertimbangin perawatannya juga. Plus, kalo malem, tanaman ngeluarin karbon dioksida, bukan oksigen, jadinya temen-temen malah bisa ngantuk ato pingsan. Yaa.. kira-kira gitu deh.

 


 

Lanjut. Jadi ini nomor meja gue

IMG_5173

 

Sambil gue nyiapin barang buat foto gue nanti, dari skala tempatnya ini, sepertinya ada wi-fi. Jadi gue ngetes, dan ada

IMG_5196

Oke, password-nya ? Tanyain ke pelayannya. Intinya, abis gue cobain, koneksinya cepet banget. Walaupun gue gak ngerekam kecepatannya kek gimana sih.

 

Gak lama, menu kopi gue yang pertama dateng. Untungnya, barang-barang gue udah disusun sebelomnya, jadi langsung ambil foto secepatnya. Kira-kira hasilnya kek gini

IMG_5175

IMG_5176

IMG_5177

 

Karena gue lagi banyak deadline, jadi gue tambahin kertas, biar kesannya sibuk banget. Kira-kira foto-fotonya nambah deh kek gini

IMG_5178

IMG_5179

IMG_5180

 

Sekarang, gak pake barang-barang.

IMG_5181

IMG_5182

IMG_5183

 

Idealnya, foto latte sebaiknya gak lebih dari 30 detik. Tapi gak tau kenapa, abis gue ambil foto banyak.. Gak banyak-banyak amat sih. Latte-nya gak pecah. Amazing

 

Gak lama, menu toast gue dateng.. Dan beginilah foto-fotonya

IMG_5184

IMG_5185

 

Gue ambilnya sedikit lebih santai. Yang jelas, toast gak ada pecah-pecahan kek latte tadi. Jadi rasanya lebih enak ngambilnya

 

Anyway, gue pengen sekali-sekali request motif latte. Kan bosen motifnya gitu-gitu aja, jadi pengen yang agak sedikit kreatif. Berhubung gue orangnya sibuk.. Sok sibuk maksudnya, jadi gue pengen coba motif waktu. Apalagi jam gue juga baru dibaikin, jadi pas deh. Oke, akhirnya ntar dibikinin pelayannya.

 

Temen-temen juga bisa nambahin gula kalo rasa latte-nya terlalu pahit. Sepahit masa lalu ama mantan. Uhuk

IMG_5206

 


 

Sambil nunggu kopi yang kedua, gue sambil jelajahin tempat ini. Sebagian tempat udah tau, sekarang pengen liat belakangnya.

 

Mo ke toiletnya ? Dari kasir tadi, tinggal lurus deh. Di sini dibedain berdasarkan gendernya. Jadi jangan sampek salah masuk, ok ?

IMG_5221

 

See ? Non-smoking area, rite ?

IMG_5223

 

Toiletnya kinclong dan bersih banget. Good job

IMG_5224

 

Cuci tangannya ntar tinggal di depan toilet aja

IMG_5225

 

Ini kopinya belom dateng-dateng yak ? Ditunggu aja deh kalo gitu. Sambil nunggu kopi kedua, gue nyobain menu-menu yang udah dateng tadi. So..

  • Buat latte, gue pesen Cafe Latte. Untuk segi rasa, gue secara pribadi suka. Rasanya gak terlalu creamy, tapi dari segi kopi, tetep kerasa. Susunya juga pas. Kopinya juga gak terlalu pahit-pahit amat. Intinya, semuanya seimbang. Gue juga suka cara penyajiannya di sini, yang pake alas khusus khas cafe Intinya, pengalaman minum kopi temen-temen bakal enjoyable banget deh.
  • Untuk toast, tadi gue pesen Kaya Butter Toast. Gue lebih suka kalo pemanggangan rotinya lebih lama lagi. Itu aja sih. Sisanya, dari isinya.. Standar lah kek roti srikaya pada umumnya. Gue juga suka cara penyajiannya, walaupun untuk segi porsi.. Kurang lebih porsinya sama kek toast ato snack yang disajiin di cafe kopi pada umumnya.

 

Untuk segi perbandingan harga, porsi, dan rasa.. Mungkin gue bakal masukin ke kesimpulan aja ntar. Nikmatin aja dulu tempatnya selagi bebas.

 

Sambil nikmatin wi-fi yang super kenceng.. Omong-omong, ini udah sekitaran 1/2 jaman (+- 30 menitan), dan kopi kedua gue belom dateng. What happened to them ? Gue akhirnya nanya ke pelayannya soal kopi kedua gue.

 

And you know what ? Mereka belom ngebikin kopi kedua gue

will-smith-the-fuck

 

Oke, gue gak marah-marah amat sih. Mungkin karena imbang kali ya ama tempat yang udah nyaman banget buat nongkrong sendirian. Cuman, kalo gue sebagai customer, apalagi buat menu pake promo kek gini, harusnya mereka lebih proaktif dan lebih bertanggungjawab ke menu yang dipromoinnya. Itu kalo gue sih, gak tau kalo customer laen kek temen-temen kek gimana.

 

Oke, kopi kedua gue dibikinin. Dan itu berarti gue nyiapin barang-barang buat kopi kedua. Gak lama kemudian kopinya dateng dan langsung ambil foto. Kira-kira kek gini hasil-hasilnya

IMG_5207

IMG_5211

IMG_5214

IMG_5217

 

Soal rasa, sama deh kek sebelom-sebelomnya. Motifnya keren banget by the way.

 

Habis itu, gue sambil nikmatin wi-fi mereka lagi.. Sekitaran 1/2 jaman kemudian, gue langsung cabut. I should get the hell out of here, karena bokap nyokap gue nunggu di hotel. Soalnya waktu itu gue di Surabaya ama mereka.

 

Buat ngakhirin tulisan ini, gambar ini keren yak

IMG_5226

 

Kondisi jalannya waktu itu. Udah hampir jam 10 malem

IMG_5230

 

Dan by the way, siapin 2000 buat parkir motor dan 3000 buat parkir mobil. Seinget gue kemaren, buat parkir motor, ada di teras samping. Tanya aja ke tukang parkirnya

IMG_5228

 


 

Kesimpulan

Untuk pelayanannya, gue rasa secara umum mereka gak buruk-buruk amat. Walaupun ada catatan gede yang perlu gue garis bawahin buat pelayanannya pada saat yang sama, terutama buat yang berhubungan dengan promo tadi. Dari apa yang gue alamin tadi, gue simpulin kalo sebenernya mereka cukup aktif dalam ngadain promo, tapi di lapangan, kadang ada beberapa hal dasar yang miss. Untuk pelayanan yang berhubungan (terutama) dengan menu yang lagi dipromokan, idealnya pelayanan sebaiknya lebih aktif dari pelayanan rutin yang dilakukan. Dan mereka gak ngelakuin itu. Buat yang laen-laen, gue rasa mereka oke dari cara penyajian menu, walaupun agak sedikit pasif (dan mereka perlu sedikit lebih aktif, tapi gak terlalu banyak omong).

 

Untuk segi menu.. Harga, seperti yang gue bilang tadi mungkin cukup mahal untuk ukuran sebuah cafe. Terutama buat menu-menu yang gue pesen tadi. Dari segi porsi.. Ya standar cafe juga sih, cuman kalo dibandingkan dari segi harga, mungkin masih agak mahal juga. Tapi.. Ada tapi. Mahalnya tadi kebayar ama rasa masing-masing menu yang oke banget, penyajian menu yang juga oke, ditambah tempatnya yang udah perfect banget buat nongkrong. Yang jelas, gue masukin tempat ini ke arah high end.

 

So I think, this place is worth for your money at all. Terutama buat yang pengen nongkrong berkelas, di tempat yang nyaman banget buat nongkrong. Catatan tambahan, tempat ini juga sempurna banget buat foto-foto. Recommended ? Jelas, kalo ada uang tentunya. But no matter what, yang jelas gue bakal balik.

 

And then ? Apalagi ? The End. Review gue dah selese.

Iklan

3 Comments

Komentar di sini

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s